Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi melangsungkan kunjungan kerja ke Grobogan, Senin (13/7/2020). Hadir mendampingi kapolda dalam kesempatan itu, Kapok Sahli Pangdam IV Diponegoro Brigjen TNI Rimbo Karyono, serta para pejabat utama Polda Jawa Tengah. Hadir pula, Bupati Grobogan Sri Sumarni berserta jajaran forkopimda serta sejumlah pejabat terkait.

Dalam kunjungan ini, kapolda sempat melakukan penebaran ratusan ribu benih ikan di perairan umum di sekitar Bendung Klambu. Sebelumnya, kapolda dan para pejabat melangsungkan panen raya padi di Desa Rajek, Kecamatan Godong.

Dalam kesempatan itu, kapolda dan para pejabat sempat menyerahkan secara simbolis beragam bantuan alat pertanian untuk para petani. Selain itu, diserahkan pula bantuan benih jagung dan padi. Kemudian, ada juga bantuan ternak berupa sapi, kambing, unggas dan benih ikan lele untuk kelompok tani.

Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi mengatakan, pandemi Covid-19  yang melanda  hampir di seluruh dunia, termasuk Indonesia memberikan dampak yang sangat luar biasa. Selain menyebabkan krisis kesehatan,  pandemi ini juga  turut mempengaruhi perekonomian bahkan mengganggu rantai pasokan pangan secara global.

Untuk di Indonesia sendiri dampak dari pandemi Covid-19 ini sudah sangat terlihat dan dirasakan diseluruh lapisan masyarakat terutama dalam bidang perekonomian. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya pengangguran akibat PHK dari beberapa perusahaan sehingga banyak masyarakat yang kesulitan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Guna menyikapi situasi tersebut, sampai dengan saat ini  pemerintah terus melakukan

langkah-langkah  percepatan  dalam rangka mengantisipasi  dampak  ekonomi  dan kelangkaan pangan  yang ditimbulkan dari pandemi ini. Salah satunya dengan  memastikan ketersediaan bahan kebutuhan pokok yang cukup dan memadai untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Masih dikatakan kapolda, instruksi Presiden Jokowi  yang di sampaikan pada  saat peringatan HUT ke-74 Bhayangkara, salah satunya meminta agar Polri ikut mendukung proses pemulihan ekonomi nasional. Menindak lanjuti hal tersebut, kapolri mempunyai program agar seluruh jajaran Polri mendukung ketahanan pangan dengan melaksanakan kegiatan di bidang pertanian dan peternakan sebagai bentuk  sense of crisis  dalam rangka percepatan penanganan Covid-19. 

Menurutnya, sampai saat ini, seluruh jajaran Polda Jateng dan Kodam IV/ Diponegoro terus melakukan upaya-upaya antisipasi guna mencegah  kelangkaan pangan melalui kegiatan-kegiatan yang dapat mendorong masyarakat untuk terus semangat dan produktif di tengah pandemi covid-19. Salah satunya  seperti  kegiatan panen raya  padi  dan tabur benih ikan yang dilaksanakan pada hari ini.

“Saya sangat menyambut baik dilaksanakannya kegiatan ini sebagai bentuk

implementasi peran serta TNI-Polri dan pemerintah daerah dalam mendukung program ketahanan pangan nasional. Saya berharap sinergitas dan kekompakan yang ditunjukkan saat ini dapat menjadi pendorong semakin kuatnya ketahanan masyarakat  dalam menghadapi pandemi. Selain itu, saya juga berharap kegiatan seperti ini dapat  terus dilakukan secara berkelanjutan dan ditiru  oleh jajaran lainnya dalam rangka membangun jaring pengaman sosial di seluruh lapisan masyarakat,” katanya.

Lokasi Kantor

Jumlah Pengunjung

120957
Hari iniHari ini104
KemarenKemaren189
Minggu iniMinggu ini884
Bulan iniBulan ini4216
KeseluruhanKeseluruhan120957
Go to top