Bupati Grobogan Sri Sumarni mendorong masyarakat supaya memanfaatkan teknologi untuk berkreasi dan berinovasi. Hal itu disampaikan bupati saat membuka lomba kreasi dan inovasi (Krenova) yang dilangsungkan di pendapa kabupaten, Selasa (10/3/2020).

Dalam kesempatan itu, bupati juga merasa kagum dengan produk yang dihasilkan puluhan peserta lomba. “Produk yang dihasilkan ini bagus-bagus. Ternyata, banyak masyarakat kita yang bisa berkreasi dan berinovasi dalam banyak bidang. Semua produk ini harus kita dorong agar bisa tetap eksis,” katanya.

Menurut bupati, agar dapat mengikuti perkembangan tersebut, perlu di dorong untuk memperkuat basis produksi masyarakat yang ditopang dengan sarana produksi, teknologi dan inovasi yang handal. Salah satu upaya adalah meningkatkan kreativitas dan inovasi masyarakat, baik berupa teknologi maupun inovasi yang bermanfaat dan mudah diterapkan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Krenova adalah kegiatan pemberian apresiasi kepada masyarakat luas yang telah melakukan suatu penemuan atau karya, kreativitas serta reka cipta di bidang IPTEK yang tidak sedang dibiayai oleh pemerintah atau institusi resmi lainnya. Program ini merupakan mekanisme yang menitik beratkan pada kreativitas serta penggalian potensi masyarakat yang dapat dimanfaatkan secara langsung, sehingga tercipta kegiatan sosial ekonomi yang mampu menghasilkan produk serta modal sosial yang bernilai tambah dan berdaya saing tinggi,” ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan bupati, Pemerintah Kabupaten Grobogan  melalui Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah berupaya untuk mendorong masyarakat dalam melakukan kreativitas dan inovasi. Salah satunya dengan penyelenggaraan lomba Krenova ini.

Penyelenggaraan Lomba Krenova ini diharapkan dapat menggelorakan semangat kreasi dan inovasi di kalangan masyarakat Kabupaten Grobogan. Selanjutnya kegiatan lomba Krenova ini juga diharapkan dapat mendorong iklim yang kondusif dalam rangka peningkatan inovasi masyarakat yang pada akhirnya dapat berkontribusi pada peningkatan daya saing ekonomi daerah dan kemandirian masyarakat di Kabupaten Grobogan

“Perlu kami sampaikan bahwa ajang Krenova ini merupakan pembinaan berjenjang dari tingkat Kabupaten, Provinsi sampai dengan tingkat nasional. Bahkan bagi peserta yang memenuhi kriteria diusulkan untuk mendapatkan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) maupun mengikuti seleksi untuk mendapatkan fasilitasi pendanaan dari Kementerian riset dan teknologi atau Badan Riset dan Inovasi Nasional berupa program Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT),” imbuhnya.

Lokasi Kantor

Jumlah Pengunjung

82616
Hari iniHari ini114
KemarenKemaren242
Minggu iniMinggu ini762
Bulan iniBulan ini356
KeseluruhanKeseluruhan82616
Go to top