Prestasi mengesankan diraih SMAN 1 Purwodadi dalam lomba Hemat Energi dan Air (HEA) tingkat Jateng tahun 2019 untuk kelompok SMA/SMK. Dimana, dalam lomba yang diselenggarakan Dinas ESDM Jateng itu, SMAN 1 Purwodadi berhasil meraih juara pertama.

Penyerahan piala dan hadiah lomba HEA tahun 2019 dilakukan oleh Gubernur Ganjar Pranowo kepada Kepala SMAN 1 Purwodadi Aris Supriyadi bersamaan dengan peringatan HUT Jateng di Semarang, Kamis (16/8/2019).

Kabag Perekonomian Setda Grobogan Pradana Setyawan menyatakan, pihaknya merasa bangga dengan keberhasilan yang diraih oleh SMAN 1 Purwodadi tersebut. Prestasi itu dinilai luar biasa karena ada banyak sekolah yang mengikuti lomba.

“Selamat buat SMAN 1 Purwodadi yang meraih juara I dalam lomba HEA tingkat Jateng tahun 2019,” katanya.

Dijelaskan, penghematan energi dan air dalam kegiatan ini mencakup semua hasil upaya penghematan yang dilakukan oleh sekolah dalam beberapa hal. Antara lain, kebijakan, pembuatan gugus tugas, rencana tindak, inovasi dan kreatifitas.

Lebih lanjut diuraikan, upaya penghematan energi bisa dikerjakan dengan melakukan hal-hal kecil dan dianggap sepele, lewat gerakan 3 M. Yakni, mematikan lampu dan peralatan listrik bila tidak digunakan, mencabut colokan listrik, serta mengatur ruangan ber-AC pada suhu 24-26 derajat Celsius

Sementara untuk penghematan penggunaan air bisa dilakukan dengan empat cara. Yakni, menggunakan air tanah secara efektif dan efisien untuk berbagai macam kebutuhan. Kemudian, mengurangi penggunaan air tanah, menggunakan kembali air tanah dan mendaur ulang air.