Dalam rangka menyemarakkan HUT ke-74 RI, Pemkab Grobogan menggelar acara pekan raya di alun-alun Purwodadi. Pekan Raya Grobogan 2019 dibuka Bupati Grobogan Sri Sumarni Kamis (22/8/2019) malam. Pembukaan Pekan Raya Grobogan 2019 dihadiri jajaran FKPD, dan kepala OPD.

Kabag Perekonomian Setda Grobogan Pradana Setyawan mengungkapkan, acara Pekan Raya Grobogan 2019 akan dilaksanakan selama tujuh hari. Yakni, mulai tanggal 22-28 Agustus 2019 di Alun-alun Purwodadi.

Dijelaskan, jumlah peserta pameran sebanyak 119 stand. Terdiri dari OPD dan ekonomi kreatif sebanyak 42 stand, pelaku UMKM  37 stand, kuliner  20 stand, komunitas kopi 6 stand dan pabrikan 14 Stand.

“Selain itu, kami juga memfasilitasi 65 PKL dan 50 wahana permainan yang ada di sekitar alun-alun untuk ikut menyemarakkan Pekan Raya Grobogan,” katanya.

Sementara itu, Bupati Sri Sumarni dalam sambutannya meminta agar generasi muda berani jadi pengusaha. “Anak muda sudah saatnya berpikir dan berani menciptakan peluang kerja bukan mencari kerja. Jadilah pengusaha bukan pekerja,” ujarnya.

Menurutnya, menjadi pengusaha bukan dimulai dari berapa modal yang harus dimiliki. Tapi yang pertama dan utama adalah adanya niat, ilmu dan keberanian.

“Untuk memulai usaha, bisa dari yang kecil-kecil dulu. Kalau dikelola dengan benar maka usahanya pasti akan berkembang,” tegasnya.

Bupati menegaskan, sejauh ini perkembangan UMKM di wilayahnya dinilai cukup bagus. Indikasinya, sampai sekarang sudah ada 32.055 UMKM yang tersebar di 19 kecamatan. Terdiri dari 30.565 Usaha Mikro, 1.344 Usaha Kecil dan 156 Usaha Menengah.

Meski jumlah pelaku UMKM terus bertambah namun beberapa masalah klasik masih dialami para pengusaha tersebut. Salah satunya adalah soal pemasaran yang dinilai sebagian pengusaha sebagai permasalahan utama.

“Soal pemasaran ini memang jadi masalah besar bagi kalangan UMKM disamping soal modal. Untuk itu, pemkab sudah pasti akan berusaha semaksimal mungkin membantu persoalan yang dihadapi pengusaha kecil ini. Salah satunya dengan mengencarkan promosi  lewat berbagai sarana. Mulai, pemberitaan media, dan pameran seperti saat ini,” tegasnya.

Lokasi Kantor

Jumlah Pengunjung

83645
Hari iniHari ini12
KemarenKemaren168
Minggu iniMinggu ini136
Bulan iniBulan ini1385
KeseluruhanKeseluruhan83645
Go to top