Masyarakat Grobogan tampaknya bisa menyambut datangnya Ramadan dengan nyaman. Pasalnya, stok sembako yang disiapkan buat persediaan selama Ramadan hingga momen lebaran dijamin tidak ada masalah.

“Kebutuhan sembako buat Ramadan dan lebaran sudah kita antisipasi jauh hari. Sejauh ini, bisa kita pastikan kalau kebutuhan sembako relatife aman,” tegas Asisten II Pemkab Grobogan Ahmadi Widodo, usai menggelar rakor kesiapan Ramadan bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) di ruang rapat Setda lantai I, Kamis (2/5/2019).

Menurutnya, sebelum menggelar rakor, sudah dilakukan pantauan lapangan untuk memastikan ketersediaan sembako di lapangan. Dari pantauan yang dilakukan, stok sembako masih aman dan harga barang juga relatif stabil.

Meski begitu, Ahmadi tetap meminta pada dinas terkait supaya mengawasi ketersediaan sembako dipasaran dengan cermat. “Jangan sampai terjadi kelangkaan bahan kebutuhan pokok selama ramadan hingga lebaran. Untuk itu monitoring di lapangan perlu terus dilakukan oleh dinas terkait,” katanya.

Ia menyatakan, ada beberapa bahan kebutuhan pokok yang paling dibutuhkan dalam momen seperti ini. Seperti, beras, minyak goreng, telur, daging dan gas elpiji.

Khusus untuk beras, kondisinya dinilai masih aman. Sebab, sebagian besar petani akan memasuki masa panen padi dalam waktu dekat.