Acara senam bersama dilangsungkan dalam rangka menyemarakkan peringatan Hari Buruh Internasional, Rabu (1/5/2019). Bupati Grobogan Sri Sumarni beserta jajaran FKPD dan kepala SKPD berbaur dengan ratusan pekerja dari berbagai perusahaan dalam acara senam bersama yang dilangsungkan di alun-alun Purwodadi.

Acara senam bersama itu digelar selama hampir satu jam, mulai pukul  07.00 WIB. Mengingat banyaknya peserta, pihak penyelenggara mendatangkan beberapa instruktur dalam senam bersama itu. Usai senam, acara dilanjutkan dengan pengundian berbagai hadiah yang disediakan pihak panitia.

Terkait momen hari buruh atau May Day ini, Sri berharap agar rasa kebersamaan dan persatuan antar sesama serikat pekerja/serikat buruh terus ditingkatkan. Ia juga meminta agar serikat pekerja/serikat buruh meningkatkan kualitas SDM para pengurus dan anggota sehingga selalu siap menghadapi tantangan kedepan.

“Saya minta agar semua pekerja selalu menjaga hubungan industrial yang kondusif dan dinamis. Tidak perlu ikutan demo. Lebih baik senam barang seperti ini. Kalau ada persoalan mari kita bicarakan bersama,” cetusnya.

Sri Sumarni menyatakan, keberadaan pekerja dinilai punya peran penting. Sebab, mereka juga memberikan kontribusi dalam pembangunan dan peningkatan ekonomi di Kabupaten Grobogan.

Menurutnya, berdasarkan hasil verifikasi tahun 2018, di Kabupaten Grobogan terdapat 550 perusahaan, dengan jumlah pekerja sebanyak 22.424 orang. Sedangkan jumlah Serikat Pekerja (SP) / Serikat Buruh (SB) sebanyak 24 Unit Kerja dengan anggota ada 3.005 orang.

“Saya minta rasa kebersamaan dan persatuan  antar sesama Serikat Pekerja maupun Serikat Buruh di Grobogan terus ditingkatkan,” jelasnya.