Sekda Grobogan Moh Sumarsono meminta para kepala OPD agar melakukan akselerasi atau percepatan pelaksanaan kegiatan fisik tahun 2019. Hal itu ditegaskan karena realisasi fisik dan keuangan pada triwulan I hingga akhir Februari dinilai dibawah target.

“Kondisi ini harus disikapi dengan serius. Lakukan akselerasi agar realisasi fisik ini bisa sesuai target,” tegasnya, saat membuka Rapat Koordinasi Pengendalian Pelaksanaan Kegiatan Pembangunan (Rakor POP) triwulan I tahun 2019, di gedung Riptaloka, Senin (25/3/2019).

Sekda meminta kepada semua kepala OPD agar segera melaksanakan program yang sudah direncanakan sehingga serapan anggaran bisa sesuai target. Kemudian, semua kendala yang menjadi penyebab lambatnya penyerapan anggaran agar selalu diidentifikasi dan dicarikan solusinya.

“Kebiasaan menunda pekerjaan hingga menumpuk pada akhir tahun jangan sampai terjadi lagi. Program kerja yang sudah direncanakan agar segera dilaksanakan tepat waktu,” cetusnya.

Menurutnya, semua pekerjaan yang bersentuhan dengan masyarakat luas harus mendapat prioritas. Misalnya, sarana jalan dan jembatan karena hasilnya sudah sangat dinantikan masyarakat luas.

“Sebelum akhir tahun, semua proyek harus sudah rampung. Kalau ada rekanan yang bandel jangan ragu untuk mengingatkan atau mengambil tindakan sesuai ketentuan,” tegas Sumarsono.