Pemkab Grobogan kembali menyelenggarakan Lomba Hemat Energi dan Air (HEA) pada tahun 2018 ini. Lomba kali ini diperuntukkan bagi sekolah yang ada di sejumlah kecamatan.

Kabag Perekonomian Setda Grobogan menyatakan, lomba ini dilangsungkan dalam rangka melaksanakan Inpres No 13 Tahun 2011 Tentang Penghematan Energi dan Air, Pelaksanaan lomba dan penilaian dilangsungkan selama 3 hari, mulai 15-17 Oktober.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan salah satu pelaksanaaan program dan upaya Pemkab Grobogan dalam menyosialisasikan pentingnya penghematan energi dan air. “Mudah mudahan kegiatan ini bisa menjadikan sarana edukasi dan lebih pada terciptanya gerakan HEA yang dilakukan guru dan siswa dilingkungan sekolah. Kedepan, kami berharap penerapannya bisa meluas sampai ke lingkungan masyarakat,” ungkapnya.

Dijelaskan, penghematan energi dan air dalam kegiatan ini mencakup semua hasil upaya penghematan yang dilakukan oleh sekolah dalam beberapa hal. Antara lain, kebijakan, pembuatan gugus tugas, rencana tindak, inovasi dan kreatifitas.

Lebih lanjut diuraikan, upaya penghematan energi bisa dikerjakan dengan melakukan hal-hal kecil dan dianggap sepele, lewat gerakan 3 M. Yakni, mematikan lampu dan peralatan listrik bila tidak digunakan, mencabut colokan listrik, serta mengatur ruangan ber-AC pada suhu 24-26 derajat Celsius

Sementara untuk penghematan penggunaan air bisa dilakukan dengan empat cara. Yakni, menggunakan air tanah secara efektif dan efisien untuk berbagai macam kebutuhan. Kemudian, mengurangi penggunaan air tanah, menggunakan kembali air tanah dan mendaur ulang air.

Lokasi Kantor

Jumlah Pengunjung

82894
Hari iniHari ini147
KemarenKemaren245
Minggu iniMinggu ini1040
Bulan iniBulan ini634
KeseluruhanKeseluruhan82894
Go to top