Pembukaan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) tahap III di Desa Lebak, Kecamatan Grobogan berlangsung meriah, Senin (15/10/2018). Hal ini seiring adanya pentas tari angguk yang diperagakan puluhan siswa SMP. Tarian khas Grobogan itu tak ayal membuat pejabat dan tamu undangan merasa terhibur. Termasuk Bupati Grobogan Sri Sumarni yang hadir untuk membuka TMMD.

Acara pembukaan TMMD juga dihadiri Dandim 0717/Purwodadi Letkol Arm Teguh Cahyadi, Kapolres AKBP Choiron El Atiq bersama jajaran FKPD, serta pejabat terkait lainnya.

Menurut bupati, sejauh ini, program TMMD dinilai telah banyak memberikan manfaat pelajaran berharga bagi masyarakat. Terutama, akan arti pentingnya gotong royong.

“TMMD telah banyak memberikan pelajaran berharga mengenai pentingnya semangat gotong royong dalam membangun bangsa. Dalam kegiatan TMMD ini, semua pihak bahu-membahu memberikan sumbangan pikirian, ide, gagasan, tenaga, keterampilan, materi dan kebendaan dan lainnya,” ungkapnya.

Ia menambahkan, program TMMD dinilai mampu menyejahterakan masyarakat desa tanpa meninggalkan kearifan lokal setempat.

“Lewat TMMD ini, kondisi desa menjadi lebih maju. Fasilitas pelayanan masyarakat menjadi lengkap.  SDM semakin berkualitas, mandiri, spiritualitas tinggi, kreatif, inovatif, serta berkarakter,” tambahnya.

Dalam TMMD kali ini ada beberapa sasaran yang dilakukan. Antara lain, sasaran fisik berupa pengecoran jalan, rehabilitasi mushola, poskamling dan jambanisasi.

Untuk kegiatan nonfisik, TMMD menyelenggarakan pasar murah, penyuluhan bela negara dan wawasan kebangsaan, kamtibmas, narkoba, pam swakarsa, UU Lalin, kesehatan lingkungan, ketenagakerjaan dan transmigrasi serta penyuluhan keluarga berencana.

Dandim 0717/Purwodadi Letkol Arm Teguh Cahyadi menambahkan, program TMMD

merupakan wujud nyata TNI dalam membantu pemerintah dalam pembangunan infrastruktur desa yang belum sempat dikerjakan pemerintah daerah.

“Dengan program ini, kami ingin rakyat lebih sejahtera dan mandiri. Punya daya tangkal dan daya cegah terhadp berbagai hal yang mengancam keutuhan bangsa,” ujarnya.

Lokasi Kantor

Jumlah Pengunjung

82883
Hari iniHari ini136
KemarenKemaren245
Minggu iniMinggu ini1029
Bulan iniBulan ini623
KeseluruhanKeseluruhan82883
Go to top