PNS yang bisa diangkat jadi pejabat fungsional pada instansi kerjanya harus memiliki persyaratan tertentu. Mereka yang bisa menduduki jabatan ini harus memiliki kompetensi dan keahlian khusus sesuai ketentuan. Hal itu disampaikan Bupati Grobogan Sri Sumarni saat melantik dan mengambil sumpah pejabat fungsional guru, pengawas pemerintahan, pustakawan, penyuluh pertanian, dan fungsional Kesehatan di pendapa kabupaten, Kamis (11/10/2018).
Menurut bupati, sejak terbitnya PP No 11 tahun 2017 tentang manajemen PNS, banyak aturan baru yang diberlakukan. Salah satunya adalah pelantikan dan pengambilan sumpah pejabat fungsional yang sebelumnya hanya diterapkan pada pejabat struktural.
“Oleh sebab itu, keberadaan pejabat fungsional merupakan sebuah peluang bagi pengembangan karir PNS. Namun, untuk bisa memegang jabatan ini seorang PNS harus punya kompetensi dan kemampuan yang bersifat khusus. Dalam hal ini harus dibuktikan dengan sertifikat kompetensi,” jelasnya.
Bupati menyatakan, Sebelumnya ada beberapa Jabatan Fungsional yang ditunda pengangkatannya karena belum ada Sertifikat Uji Kompetensi berdasarkan amanat masing-masing Permenpan dan Permenkes Nomor 18 Tahun 2017 tentang Penyelenggaran Uji Kompetensi Jabatan Fungsional Kesehatan. Antara lain untuk posisi perawat, perawat gigi, radiographer, perekam medis, teknis ekeltromedis, dan pembimbing kesehetan kerja. Masalahnya, PNS yang ada belum memiliki sertifikat kompetensi yang ditentukan.
“Tetapi Alhamdulillah, akhirnya dapat ikut serta dalam pelantikan kali ini karena telah memenuhi syarat uji kompetensi,” jelasnya.
Bupati menambahkan, keberadaan pejabat fungsional memiliki peran penting dan strategis sebagai ujung tombak pelaksana teknis sebuah OPD yang bertanggung jawab langsung pada pimpinan. Keberadaan pejabat fungsional juga mempengaruhi tingkat produktivitas dari sebuah program kerja yang dijalankan,” imbuhnya.

Lokasi Kantor

Jumlah Pengunjung

82603
Hari iniHari ini101
KemarenKemaren242
Minggu iniMinggu ini749
Bulan iniBulan ini343
KeseluruhanKeseluruhan82603
Go to top