Kabag Perekonomian Setda Grobogan Pradana Setyawan mengaku cukup bangga dengan banyaknya pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Grobogan. Hal itu dilontarkan saat melihat Ekspo Peternakan dan Perikanan, Minggu (7/10/2018).

kemasannya juga sudah baik dan menarik. Produk seperti ini tampaknya sudah bisa bersaing dengan daerah lainnya,” katanya saat meninjau stand produk UMKM di lokasi ekspo tersebut.

Ia menyatakan, meski jumlah pelaku UMKM terus bertambah namun beberapa masalah klasik masih dialami para pengusaha tersebut. Salah satunya adalah soal pemasaran yang dinilai sebagian pengusaha sebagai permasalahan utama.

Menurutnya, jika selama ini masih banyak pelaku usaha yang memasarkan barangnya secara tradisional. Khususnya, pelaku usaha yang bergerak dibidang makanan dan minuman. Oleh sebab itu, perlu adanya sebuah terobosan baru buat pengusaha tersebut agar memasarkan produknya dengan cara-cara yang lain dari biasanya.

“Soal pemasaran ini memang jadi masalah besar bagi kalangan UMKM disamping soal modal. Untuk itu, pemkab sudah pasti akan berusaha semaksimal mungkin membantu persoalan yang dihadapi pengusaha kecil ini. Salah satunya dengan lebih mengencarkan promosi produk UMKM kita,” tegasnya.

Sejauh ini perkembangan UMKM di wilayahnya dinilai cukup bagus. Indikasinya, sampai sekarang sudah ada 32.055 UMKM yang tersebar di 19 kecamatan. Terdiri dari 30.565 Usaha Mikro, 1.344 Usaha Kecil dan 156 Usaha Menengah.

“Perkembangan UMKM sudah cukup bagus. Namun, masih perlu kita dorong agar lebih maju,” imbuhnya.

Lokasi Kantor

Jumlah Pengunjung

82878
Hari iniHari ini131
KemarenKemaren245
Minggu iniMinggu ini1024
Bulan iniBulan ini618
KeseluruhanKeseluruhan82878
Go to top