Petani tembakau tradisional di Grobogan sejak beberapa hari terakhir mulai memanen tanamannya. Salah satunya adalah petani tembakau yang ada di sejumlah desa di Kecamatan Toroh.

Beberapa petani yang ditemui menyatakan, harga jual tembakau saat ini dirasa cukup bagus. Di mana, pada petik kepelan atau petik daun pertama laku sekitar Rp 19- 20 ribu per kilogram. Harga ini untuk kondisi tembakau yang sudah dirajang dan dijemur kering.

 

“Dibandingkan tahun lalu, ada kenaikan harga. Tahun kemarin, harga kepelan hanya Rp 15 ribu per kilonya. Tembakau yang ditanam disekitar sini kebanyakan jenis crupung atau tembakau biasa,” kata Warsito, petani tembakau di Desa Tunggak, Kecamatan Toroh, Kamis (6/8/2018).

Menurut petani, bagusnya harga tembakau salah satunya disebabkan kondisi cuaca cukup mendukung. Di mana, curah hujan sejak awal tanam hingga menjelang panen tidak begitu tinggi. Kondisi cuaca seperti ini sangat berpengaruh dengan pertumbuhan tanaman dan harga jualnya.

“Cuaca kali ini memang sangat mendukung. Menjelang panen tidak begitu banyak hujan sehingga daun tembakau tidak rusak kena air,” jelas Sunarto, petani di Desa Kenteng.

Kepala Desa Kenteng M Sofwan menyatakan, untuk harga petik kedua sampai keempat, saat ini laku sampai Rp 35 ribu. Diperkirakan harga jual tembakau masih bisa naik.

Hal ini mengacu pada harga kepelan yang sudah menembus angka Rp 20 ribu. Untuk diketahui, daun petik awal tersebut adalah kualitas paling rendah dari pohon tembakau.

“Harga tembakau tahun ini memang bagus sekali. Dibandingkan tahun lalu ada kenaikan cukup banyak. Alhamdulillah, warga saya yang menanam tembakau bisa untung lumayan,” katanya.

Bagusnya harga tembakau disisi lain juga disebabkan berkurangnya jumlah penanam. Pada tahun ini, areal tembakau di desanya hanya berkisar 20 hektar. Tahun-tahun sebelumnya, areal tanam tembakau bisa sampai 2 kali lipatnya.

Ia menambahkan, areal lahan tembakau di Kecamatan Toroh paling banyak berada wilayah timur yang tidak terjangkau irigasi teknis. Yakni, di Desa Kenteng, Boloh, Tunggak, dan Ngrandah.

Lokasi Kantor

Jumlah Pengunjung

76110
Hari iniHari ini36
KemarenKemaren154
Minggu iniMinggu ini242
Bulan iniBulan ini1947
KeseluruhanKeseluruhan76110
Go to top