Sebanyak 20 warga yang tinggal di pinggir kawasan hutan Perhutani KPH Purwodadi saat ini merasa senang. Hal ini terkait adanya bantuan pemasangan jaringan listrik yang difasilitasi oleh Perhutani.

Administratur KPH Purwodadi Dewanto menyatakan, bantuan pemasangan jaringan listrik dilakukan dalam rangka melaksanakan Program BUMN untuk negeri. Untuk pemasangan jaringan listrik diberikan pada 20 rumah warga di dua desa.

 

“10 rumah yang kita pasang jaringan listrik ada di Desa Godan, Kecamatan Tawangharjo. Sedangkan 10 rumah lainnya ada di Desa Gedangan, Kecamatan Wirosari,” katanya, Senin (3/9/2018).

Selain pemasangan sambungan listrik, pihaknya juga melakukan kegiatan bedah rumah. Yakni, perbaikan satu rumah milik Sujais, warga Pelemsengir, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora yang wilayahnya masih ikut KPH Purwodadi.

“Untuk pemasangan sambungan listrik maupun bedah rumah sudah selesai dikerjakan. Secara simbolis, sudah kita serahkan Sabtu (1/9/2018) kemarin,” sambungnya.

Dewanto menyatakan, kegiatan sosial ini merupakan program tahunan sejak 2015 lalu. Pelaksanaannya diinisiasi Kementrian BUMN dan difaslilitasi seluruh BUMN. Kegiatan ini menjadi salah satu bagian kontribusi BUMN untuk membantu pembangunan di daerah.

Tahun ini Perum Perhutani Divre Jateng bersama PT KAI, Taman Wisata Candi dan PT Kawasan Industri Wijaya Kusuma berkontribusi dalam kegiatan pemasangan sambungan listrik pada 100 rumah, sarana air bersih di empat titik, dan perbaikan rumah karyawan tiga unit. Kegiatan itu ditempatkan di sejumlah kecamatan di beberapa kabupaten/wilayah KPH Perhutani.

Dewanto mengajak masyarakat untuk tetap menjaga kelestarian hutan. Dengan begitu, keasrian alam tetap terjaga dan persediaan air bawah tanah terjaga. Di samping itu, kehidupan fauna dan flora di dalam hutan tetap terjaga.

’’Kami harap masyarakat membantu kami dalam mencegah pembalakan atau penebangan liar. Masyarakat sekitar hutan memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kelestarian hutan. Jika hutan terjaga dengan baik maka masyarakat disekitarnya juga akan ikut merasakan hasil atau manfaatnya,” imbuhnya.